Program Pemasaran Internasional
Program pemasaran Internasional yang meliputi produk, promosi, harga dan distribusi Internasional
Produk Internasional :
Faktor – faktor penentu tingkat adaptasi produk internasional:
1. Karakteristik wilayah local, Negara atau regional
Peraturan Pemerintah
Hambatan nontariff
Karakter konsumen (harapan dan preferensi)
Pola pembelian
Kultur
Potensi ekonomi pemakai
Tahap pertumbuhan ekonomi
Persaingan
Iklim dan geografi
2. Karakteristik produk:
Konstitusi produk, merk, dan pembungkusan
Penampilan fisik
Fungsi dan atribut
Keawetan dan kualitas
Pemasangan
Pemeliharaan dan pelayanan
Negara asal
3. Konsiderasi produk:
Kemampulabaan
Peluang pasar
Biaya adaptasi
Kebijakan dan konsistensi
Organisasi dan sumberdaya
Promosi Internasional:
Strategi kombinasi antara produk dan promosi Internasional:
1. Perluasan langsung
2. Adaptasi komunikasi
3. Adaptasi produk
4. Adaptasi majemuk
5. Invensi produk
Harga:
Faktor – faktor yang mempengaruhi penentuan harga Internasional:
1. Pengaruh pemerintah
2. Perbedaan nilai mata uang asing
3. Tambahan biaya yang todak dapat dihindari (pajak, asuransi, dsb)
Kategori sistim harga Internasional
1. Harga ekspor
Harga ekspor dapat berorientasikan atas biaya (harga standar dunia dan harga majemuk) maupun permintaan (harga perbedean pasar).
2. Harga pasar – asing
Harga di pasar Internasional individual dipengaruhi oleh: tujuan perusahaan, biaya, perilaku pelanggan kondisi pasar, struktur pasar, serta hambatan lingkungan.
3. Harga transfer
Adalah harga yang ditetapkan antar cabang milik perusahaan.kemungkinan harga transfer adalah: transfer pada biaya langsung, transfer pada biaya langsung dan tambahan pengeluaran lain, transfer pada harga pasar-tujuan, dan transfer pada arm’s length price (harga dimana pihak lain mampu melakukan transaksi yang sama).
Distribusi Internasional:
Bentuk sistim distribusi adalah langsung dan tidak langsung, yang masing – masing sistim dilayani oleh perantara agen maupun pedagang.
1. Distribusi langsung
Berhubungan dengan perusahaan asing melalui: perantara agen (sales, purchasing agent, dll), atau perantara pedagang (export distributor, export jobber, trading company, dll)
2. Distribusi tidak langsung
Berhubungan dengan perusahaan asing lain, melalui: perantara agen (export management company, manufacturer’s export agent, trading company, dll), atau perantara pedagang (export merchant, cooperative exporting, export vendor)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar