Selasa, 20 Desember 2011

MENGONTROL KEUANGAN PRIBADI dengan CARA PEMRIORITASAN KEBUTUHAN

Dalam kehidupan sehari – hari kita dihadapkan oleh banyak masalah kebutuhan, baik itu kebutuhan primer, sekunder, atau tertier. Seiring perkembangan zaman dan gaya hidup, kebutuhan menjadi teramat penting bagi tiap manusia khususnya masyarakat metropolitan yang menjadikan kebutuhan tersebut sebagai gaya hidup.
Pada zaman globalisasi seperti saat ini, masyarakat cenderung menyamakan kebutuhan dengan keinginan sehingga apapun keinginan seperti barang – barang mewah akan menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Dengan begitu bagi masyarakat yag termasuk golongan atas akan mudah menyesuaikan keinginan dengan kebutuhan tersebut, sedangkan bagi golongan bawah akan sulit menyesuaikan kondisi tersebut.
Salah satu cara untuk menyesuaikan kondisi tersebut adalah dengan mengontrol keuangan sebaik mungkin, dengan memprioritaskan antara kebutuhan utama dan sebuah keinginan yang mempunyai nilai yang tinggi. Akan sangat sulit untuk mengontrol keungan bila masyarakat golongan menengah tetapi mempunyai keinginan atau gaya hidup seperti golongan atas. Hal ini dikarenakan pengaruh gaya hidup masyarakat golongan atas yang mempunyai sifat konsumtif.
Maka dari itu, pintar – pintarlah mengontrol kocek atau keuangan agar tidak mengesampingkan kebutuhan dengan keinginan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar